Festival gandrung sewu Banyuwangi 2016

Festival gandrung sewu Banyuwangi 2016

BANYUWANGI – Banyuwangi kembali menggelar pertunjukan tari kolosal, Gandrung Sewu. Mengangkat tema Gandrung Sewu ‘Seblang Lukinto’, seribu lebih penari Gandrung akan menari di tepi Pantai Boom, Sabtu 17 September mendatang.

Gandrung sewu artinya event budaya yg digelar setiap tahun pada rangkaian Banyuwangi Festival. Pertunjukkan tari kolosal ini sudah menjadi galat satu even budaya daerah yg paling dinantikan-tunggu oleh para wisatawan.

“pada awalnya Gandrung Sewu kami gelar buat mengenalkan kemegahan budaya Banyuwangi ke khalayak luas. Kini kami bersyukur, Gandrung Sewu sudah berubah menjadi menjadi keliru satu ikon pariwisata favorit Banyuwangi yg sangat dinanti oleh seluruh orang,” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Tahun ini artinya kali kelima perhelatannya.

Event Gandrung Sewu, sambung Anas, selama ini memperkuat posisi Banyuwangi dalam peta persaingan pariwisata di Indonesia. ”Pantai menjadi salah satu destinasi wisata alam andalan pada Banyuwangi. Lewat event ini, kami menjual event budaya sekaligus destinasi alam. Gandrung Sewu terbukti sudah menjadi daya tarik pariwisata Banyuwangi,” kentara Anas.

Sementara Pelaksana Tugas (plt) ketua Dinas Pariwisata M Y. Bramuda berkata, tema Seblang Lukinto akan menyuguhkan tarian Gandrung yg mengisahkan usaha rakyat Blambangan melawan penjajah Belanda pada masa 1776-1810.

Tema ini, ialah kelanjutan berasal pertunjukkan Gandrung Sewu tahun lalu yang mengangkat tema “Podo Nonton”. Tema “Podo Nonton” menyajikan teatrikal ihwal usaha masyarakat Banyuwangi yang dipimpin Rempeg Jogopati pada melawan penjajahan VOC. Waktu itu, tarian diakhiri dengan kisah perlawanan para pejuang sampai titik akhirnya.

“Seblang Lukinto ini kelanjutan dari kisah tahun kemudian. Bila tahun kemudian mengisahkan kekalahan prajurit Blambangan, namun tahun ini berbeda. Tema ini akan mengisahkan kebangkitan residu-sisa prajurit Rempeg Jogopati buat pulang mengangkat senjata melawan penjajah,” istilah Bramuda.

Baca Juga  Teluk hijau Banyuwangi

Jika ditinjau definisi nama Seblang Lukinto, ungkap Bramuda, seb adalah meneng (membisu-red), dan lang diambil asal kata langgeng adalah selawase atau selamanya. Sedangkan Lukinto artinya kata dari bahasa Sansekerta yang ialah “dirahasiakan”. Jika keduanya digabungkan maknanya sebagai rencana yang harus dirahasiakan selamanya.

“di waktu tokoh penggerak perlawanan terhadap penjajah, Rempeg Jogopati jatuh, prajuritnya tercerai berai pada beberapa daerah pada Banyuwangi. Sehingga upaya mereka buat melawan VOC terhenti. Buat mengumpulkan kembali pasukan yang terpisah-pisah itu, orang-orang yg merupakan bekas prajurit Rempeg Jogopati membentuk gerombolan seni. Mereka menyanyikan tembang Seblang Lukinto secara berkeliling atau mengamen,”beber Bramuda.

Ketika mengamen itulah para pejuang mengumpulkan pulang rekan-rekan seperjuangannya. Supaya tidak dikenali sang mata-mata yang waktu itu sengaja disebar VOC, mereka pun menggunakan tembang Seblang Lukinto yang syairnya berisi ajakan untuk melawan balik . Tembang ini akhirnya menjad semacam kode misteri antar pejuang buat bergerak pulang.

Pertunjukan ini akan terasa tidak selaras dari perhelatan Gandrung Sewu sebelumnya yg banyak menyuguhkan fragmen teatrikal. Pada Gandrung Sewu ‘Seblang Lukinto’ lebih banyak bermain perpaduan gerakan penari yang dinamis.

Pada awal pertunjukkan nanti, lanjut Bramuda, seluruh penari akan membentuk formasi spesifik. Kemudian secara beserta-sama, mereka akan menyanyikan gending Seblang Lukinto sebagai wujud perintah buat mulai bersatu melawan penjajah.

“Setelahnya, mereka menyanyikan gending Kembang saudara tertua secara bersama-sama yang menyiratkan mulai dilaksanakannya gerilya. Pada akhir nanti, ribuan penari gandrung tersebut akan menyanyikan beserta penggalan lagu Umbul-Umbul Blambangan,” pungkas Bramuda.

Hari / Tanggal : Sabtu, 17 September 2016

Tempat : Pantai Boom Banyuwangi

Festival gandrung sewu Banyuwangi 2016
5 (100%) 2 votes

Pencarian Terbanyak:

  • festival gandrung sewu
  • statistika minat wisatawan pada event gandrung sewu
  • tema festifal gandrung sewu tahun 2016
About Tour Travel Banyuwangi

Tour Travel Banyuwangi - Di dunia pariwisata sejak tahun 2007 memberikan kami berbagai pengalaman untuk memberikan pengalaman dan layanan wisata terbaik bagi kami. Terbaik untuk anda. Ayo Wisata ke Banyuwangi !

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *